Berada di Balik Jeruji Besi, Ahok Tetap Diserang Hoax

Detikmania, Jakarta – Setelah divonis dua tahun penjara dan kini mendekam di rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, ternyata isu miring tak berhenti menerpa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Beberapa waktu yang lalu, beredar foto mantan Gubernur DKI ini sedang berenang di laut atau berada di sebuah acara Partai Hanura.

Sebagian orang langsung meyakini kebenaran foto-foto itu. Foto tersebut menjadi viral hanya dalam sekejap.

Salah satu pengacara Ahok, Teguh Samudra akhirnya angkat bicara mengklarifikasi foto-foto yang beredar di dunia maya adalah foto lama. Teguh meyakinkan bahwa Ahok saat ini sedang menjalani masa hukumannya.

“Makanya yang dihebohkan bahwa Pak Ahok lagi mandi di laut, lagi di urusan Hanura, itu karena orang sirik dan dengki saja,” kata Teguh kepada Kompas.com, Rabu (9/8/2017).

Foto-foto itu diambil jauh-jauh hari sebelum Ahok menjadi terpidana kasus penistaan agama. Misalnya foto Ahok berenang, itu adalah hasil jepretan jurnalis Kompas.com, Fabian Januarius Kuwado ketik Ahok mudik ke Belitung tahun 2014.

“Itu foto saya. Itu diambil waktu dia pulang kampung, kalau enggak salah dalam rangka Cap Gomeh,” kata Fabian.

Sedangkan foto yang memperlihatkan Ahok berada di acara Partai Hanura, itu juga merupakan foto lama yang diambil dalam acara pengukuhan DPP Partai Hanura 2016-2020 di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (22/2/2017).Baju yang dikenakan Ahok dan Jokowi pada foto yang beredar, identik dengan yang dikenakan Ahok dalam acara tersebut.

Pengacara lain Ahok, I Wayan Sudirta, mengatakan hoax yang menerpa Ahok saat dia berada dalam penjara ini bukan hal yang berat. Menurut Wayan, Ahok sudah pernah mengalami serangan hoax yang lebih berat daripada kedua foto tersebut.

“Paling rakyat juga tidak percaya. Ahok sudah mengalami yang lebih dari pada itu,” ujar Wayan.

Meski Ahok sudah divonis bersalah, Wayan masih percaya kasus yang menjerat kliennya adalah rekayasa buatan lawan-lawan politik Ahok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *