Anggota Dewan Ingin Melakukan Renovasi Menyeluruh Gedung DPR

Detikmania, Jakarta – Anggota Dewan kembali mewacanakan perbaikan untuk gedung DPR secara keseluruhan. Alasannya karena sudah 15 tahun sejak masa reformasi, gedung wakil rakyat itu belum pernah direnovasi secara menyeluruh.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengungkapkan, perbaikan gedung Anggota Dewan merupakan hak eksekutif, karena gedung DPR merupakan gedung negara. Sehingga, soal anggaran pun pihak DPR menyerahkan keputusan kepada pimpinan pemerintah yaitu Presiden Joko Widodo.

“Sudah lebih dari 15 tahun, belum ada renovasi secara total bandar bola, urusan mau dibangun atau renovasi ditotal itu utusan pemerintah, tapi masuk di nomenklatur kesekjenan. Bukan untuk DPR, tapi merupakan fasilitas negara,” kata Taufik, dikutip dari Antara, Kamis (10/8).

Wakil Ketua Umum PAN ini mengakui keaadaan gedung DPR sudah perlu ada perbaikan secara menyeluruh. Bahkan, menurutnya, rekomendasi dari Kementerian PU-PR, gedung DPR memang sudah seharusnya dilakukan perbaikan.

“Dari waktu ke waktu semakin tua. Sudah lebih dari 15 tahun ini, belum ada renovasi total Gedung Nusantara I. Padahal dari rekomendasi PU-PR, sudah harus ada renovasi yang lebih menyeluruh. Karena bangunannya sudah miring, dari cipta karya. Karena kondisi bangunannya sudah dari 15 tahun belum dipelihara,” kata Taufik.

Menurut Taufik, permasalahan anggaran, hingga saat ini belum ditentukan dan selalu ditunda. DPR sendiri tengah merencanakan kenaikan anggaran DPR senilai Rp 5,7 triliun. Dia pun menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada pemerintah.

“Tapi jangan sampai rekomendasi PU-PR terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan, karena fisiknya sudah miring. Kita sudah ingatkan, kalau terjadi apa-apa yang tanggung jawab siapa?” jelas Taufik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *