Ini Reaksi Menteri Rini Soemarno Terkait Ribuan bank offline Karena Satelit Telkom

Detikmania-jakarta Gangguan satelit Telkom-1 turut berdampak pada terganggunya jaringan ATM perbankan. Kantor kas pun juga terkena dampak dari gangguan satelit ini.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, gangguan satelit ini merupakan keadaan kahar atau force majeure. Saat ini, upaya perbaikan terus dilakukan oleh BANDAR BOLA PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

“Yang kemarin itu kan force majeure, suka-suka saja secara teknik kejadian seperti itu, tetapi bagaimana kita secepatnya melakukan recovery, gitu saja,” kata Rini di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Gangguan satelit ini turut menjadi perhatian dari Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Otoritas Jasa Keuangan. Pembahasan juga telah dilakukan bersama AGEN BOLA TERBESAR Kementerian Komunikasi dan Informatika. Gangguan memang masih dialami karena satelit ini menjadi salah satu dari andalan perbankan disamping fiber optik.

“Jadi memamg sebetulnya untuk satelit Telkom-1 itu sebetulnya sudah ada alternatif satelit yang lain,yaitu untuk satelit Telkom-2 dan satelit Telkom-3S. Nah beberapa bank itu masih menggunakan Telkom-1 sebagai penyedia jasa jaringan,” ujar AGEN BOLA.

Satelit lainnya pun menjadi opsi dari perbaikan jaringan ATM dan kantor kas. Saat ini, sejumlah perbankan masih melakukan proses pemulihan.

Beberapa bank seperti PT Bank Central Asia (BCA) turut terkena dampak dari kerusakan satelit ini. Sembari menunggu proses recovery, nasabah BCA dapat menggunakan ATM dari perbankan lainnya untuk melakukan tarik tunai. Nantinya, BCA akan membebaskan biaya tarik tunai dari pada nasabah hingga 8 September 2017 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *