9 Penambang Emas Ilegal Selamat dari Longsor Lebak

9 Penambang Emas Ilegal Selamat dari Longsor Lebak

9 penambang ilegal selamat dari timbunan longsor yang tadinya ialah posisi penambangan emas ilegal. Peristiwa ini terjalin di Lobang Tambang Warga Desa Citorek Barat Kabupaten Lebak, Banten pada Jumat( 6/ 12) kemudian.

” Alhamdulillah 9 orang warga yang terjebak di penambangan emas ilegal Citorek Kidul telah terselamatkan serta seluruhnya sehat walafiat,” kata Kepala Pusat Informasi serta Data Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah( BNPB) Agus Wibowo dalam penjelasan tertulis yang diterima Detikmania. com, Minggu( 8/ 12).

Agus menarangkan longsor terjalin sebab banjir akibat luapan aliran Sungai Cimadur di sebagian Desa di Kecamatan Bayah, Banten. Pemicu dari banjir ini yakni hujan yang turun serta meningginya debit air di aliran sungai Cimadur.

” Serta menyebabkan meluapnya sungai Cimadur sehingga membanjiri perkampungan yg terletak di Bantaran sungai Cimadur. Dikala ini masyarakat yang terletak di bantaran sungai Cimadur mulai mengungsi ke tempat yang lebih besar mengingat Hujan masih berlangsung,” jelas ia.

Tercatat terdapat beberapa wilayah di sekitarnya yang ikut terendam air. Awal, Kampung Sukajaya Desa Bayah Timur dengan jumlah bangunan yang terendam sebanyak 40 Rumah dengan rata- rata ketinggian air 10- 30 centimeter. Berikutnya, Kampung Hegarmanah, Kampung Cimeundeut, Kampung Taringgul di Desa Cimancak.

” Dengan jumlah bangunan yang terendam sebanyak kurang lebih 50 rumah serta rata- rata ketinggian air 10 sampai 30 centimeter,” ucap ia.

Ada pula mereka yang pernah terjebak di dalam galian emas yakni Halsa, Juli, Ade, Batak, Fai, Dari, Ansa, Hamdan serta Surhaman.

Sedangkan itu, terdapat 3 penambang yang lain yang semenjak dini telah sukses keluar atas nama Hilman, Eye serta Enay. Buat mengatasi insiden ini, Basarnas berkolaborasi dengan BNPB serta BPBD telah terletak di posisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *