Begini Rasanya Ubahan di Sistem SUspensi New Avanza

New Avanza jadi menu baru yang disuguhkan Toyota Astra Motor (TAM) di permulaan 2019 ini, sebagai amunisi baru di segmen low MPV yang makin ramai pesaing. Tentunya, TAM memberikan sebagian ubahan buat Avanza, supaya tak ketinggalan dari saingan. Sebelumnya, Arah.com telah membahas pembaruan yang ada di dalam kabin New Avanza, serta perubahan yang tak nampak seperti kesenyapan kabin. Kali ini, penguji akan membahas seputar perubahan pada cara suspensi yang diklaim telah lebih bagus dibanding teladan sebelumnya. TAM memperoleh usul dari bermacam-macam pihak, terutamanya konsumen, berhubungan cara suspensi Avanza teladan lawas. Akhirnya, Toyota mengklaim bahwa cara suspensi pada teladan terkini ini dapat mereduksi gejala limbung dan body roll dikala berkendara.

“Kami mempelajari seluruh usul, terutamanya dari konsumen soal Avanza, dan apa saja yang dapat dibetulkan. Untuk New Avanza ini, Toyota mengontrol ulang cara suspensi buat menambah kenyamanan dikala berkendara, bagus sebagai pengemudi atau penumpang,” terang Didi Ahadi, Technical Service PT TAM, dikala media test drive New Avanza dan Veloz, minggu lalu di Magelang, Jawa Tengah. Didi membeberkan, peredam kejut atau shockbreaker komponen depan dan belakang diwujudkan lebih solid. lalu coil spring diganti dengan energi puntir yang lebih kecil. Kecuali itu, bushing juga diwujudkan lebih rigid seperti di strut bar, swing arm dan lateral rod. Akhirnya, penguji menikmati efek yang berbeda di penguasaan.

Dikala melintas dari Magelang menuju Semarang, melalui Ambarawa, kontur jalan yang disuguhkan cukup menantang. Tanjakan, bawaan dan tikungan tajam seharusnya dilalui. Belum lagi jalanan yang cukup padat oleh truk dan bis. Gejala limbung dikala melumat tikungan dengan kecepatan sedang memang belum sepenuhnya sirna, namun setidaknya telah kian bagus diperbandingkan teladan lawas. Suspensi terasa lebih rigid tanpa terlalu mengorbankan kenyamanan. Bahasa lainnya, rasa “mental-mentul” pada Avanza lama telah banyak berkurang. TAM juga memberikan sentuhan terkini buat cara kemudi, dengan ubahan pada electronic power steering. ECU pada EPS diseting ulang, yang bertujuan menerima hasil kemudi terasa enteng dikala berjalan di kecepatan rendah, namun terasa lebih berat dikala melumat kecepatan tinggi, untuk rasa berkendara yang lebih stabil. Sementara itu tak ada ubahan pada mesin, jadi secara lazim daya kerja mesin Avanza lama dan teladan baru ini masih sama.