Disinggung Jokowi, FPI Ingin Perpanjangan SKT

Disinggung Jokowi, FPI Ingin Perpanjangan SKT

Front Advokat Islam (FPI) tetap yakin bahwa mereka akan mengajukan kembali permohonan perpanjangan sertifikat terdaftar (SKT) ke Kementerian Dalam Negeri, meskipun mantan Presiden Jokowi telah mengangkat ancaman ideologi masyarakat. negara. FPI mengatakan hampir siap untuk mengajukan.

Sebelumnya, Jokowi telah menyatakan bahwa pemerintah tidak akan dapat memperluas SKT FPI sebagai organisasi massa jika mengancam ideologi dan keamanan negara.

Sekretaris Jenderal DPI FPI Munarman mengatakan bahwa pihaknya saat ini hanya menunggu surat rekomendasi dari Kementerian Agama. Seperti diketahui, surat rekomendasi dari Kementerian Agama adalah salah satu persyaratan administratif yang harus dipenuhi FPI agar SKT menjadi organisasi massa yang diperluas dari Kementerian Dalam Negeri.

“Kementerian Agama belum tiba. Masih ada proses diskusi dengan Kementerian Agama,” kata Munarman dalam pesan singkatnya Kamis (2/8).

Munarman menekankan bahwa REIT tidak mengancam ideologi negara. Sementara itu, ia melanjutkan, tepatnya, REIT sangat mendesak semua anggota dan pendukung untuk tunduk pada Pancasila dan NKRI.

Munarman kemudian mengirim video ketika imam besar Rizieq Shihab menyampaikan pidato kepada CNNIndonesia.com. Dalam video itu, Rizieq menyatakan bahwa FPI akan tetap menghormati NKRI.

Video itu sendiri diambil saat liputan pada 14 Oktober 2016 oleh mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pada saat itu, kerumunan REF pergi ke Biro Investigasi Kriminal Mabes Polri di Jakarta.

“Kami bersumpah dan berjanji bahwa kami akan selalu setia pada perjuangan Islam. Kami bersumpah dan tetap setia pada NKRI yang berbasis di Pancasila dan UUD 1945, 17 Agustus 1945, dan kami menghormati moto Bhinneka Tunggal Ika,” kata Rizieq dalam sebuah video yang dikirim oleh Munarman.

Selain itu, Direktur Jenderal Kebijakan Publik dan Pemerintah Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo, mengatakan partainya belum menetapkan tenggat waktu untuk REIT jika ingin mengajukan permintaan perpanjangan lagi. SKT sebagai organisasi massa. Dengan kata lain, FPI dapat mengajukan kapan saja.

SKT FPI sebagai organisasi massa berakhir pada 20 Juni. FPI kemudian mengajukan perpanjangan SKT ke Kementerian Dalam Negeri.

Namun, sejumlah persyaratan administrasi belum dipenuhi. Akibatnya, Kementerian Dalam Negeri mengirim file aplikasi REIT pada 20 Juni.

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo juga disebutkan dalam wawancara dengan Associated Press, Jumat (27/7). Dia mengatakan pemerintah tidak dapat memperluas SKT REIT sebagai organisasi massa jika mengancam ideologi dan keamanan negara.

“Jika tinjauan pemerintah dari sudut pandang yang aman dan ideologis menunjukkan bahwa mereka (REIT) tidak sejalan dengan negara,” kata Jokowi, AP melaporkan, Minggu (28/7).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *