Gaet Geely dan Toyota Bikin Mobil ‘Pintar’

Gaet Geely dan Toyota Bikin Mobil ‘Pintar’

Grup mesin pencari China Baidu telah mengumumkan bahwa mereka mulai bekerja sama dengan Zhejiang Geely Holding Group dan Toyota Motor Corp untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk kendaraan.

Pengumuman kolaborasi tiga perusahaan berlangsung pada Senin (8 Juli) di Beijing, Cina, pada kesempatan Baidu Create 2019, yang dihadiri oleh CEO Baidu, Robin Li, dan ketua Geely, Li Shufu.

Kolaborasi ini memungkinkan Geely dan Toyota untuk bergabung dengan mega-proyek Apollo, bus bermesin mandiri (self-driving solo), hasil pengembangan Baidu dengan perusahaan perangkat keras Jepang, SB Drive.

Nantinya, Baidu akan menyediakan teknologi kecerdasan buatan yang tersedia di bus Apollo untuk Toyota e-Palette. Menurut informasi yang dihimpun, hasil kolaborasi juga akan melahirkan banyak kendaraan otonom untuk angkutan umum, dilansir oleh Reuters Selasa (9/7).

Dilaporkan bahwa Wakil Presiden Baidu Li Zhenyu akan bertanggung jawab atas proyek ambisius dari tiga perusahaan. Ketiga perusahaan berjanji untuk menghasilkan kendaraan “lebih pintar” daripada mobil otonom biasa.

Secara paralel, Geely dan Baidu juga akan berkolaborasi dalam pengembangan sistem kecerdasan buatan untuk konektivitas pintar dan mobilitas pintar. Toyota adalah salah satu pembuat mobil yang memiliki ambisi untuk menghadirkan konsep mobilitas cerdas di masa depan.

Perhatikan bahwa Cina adalah negara di dunia tempat penjualan mobil terbesar.

Sementara itu, teknologi otonomi tirai bambu China sedang dipromosikan oleh sejumlah perusahaan yang melibatkan beberapa pembuat mobil global, seperti BMW dan Ford. Tentu saja, ini bisa merangsang pengembangan mobil “pintar” nantinya.

Baidu telah diberikan izin untuk menguji mobil otonom di Beijing pada Maret 2019. Ini berarti bahwa kerja sama ini dapat mengurangi langkah Baidu untuk mendominasi mobil mobile dan secara otomatis bersaing dengan Google di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *