Ini jawaban Pemprov DKI saat disinggung soal Waduk Pluit oleh menteri Susi

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengakui bahwa pendangkalan terjadi di Waduk Pluit, utara Jakarta.

Setelah meninjau kondisinya pada Senin sore (6/10/2019), Yusmada Faizal, Wakil Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk Pembangunan dan Lingkungan, menjelaskan bahwa tangki itu sengaja dikosongkan.

“Kondisi cuaca di DKI Jakarta dalam beberapa hari terakhir telah disapu oleh gerimis dan cuaca berawan, reservoir Pluit segera mengosongkan air dalam kondisi air rendah,” kata Yusmada dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Selasa 2019/11/06).

Permukaan sedimen yang diamati hari ini adalah sedimen ketika permukaan air rendah. Jarak antara level air saat ini dan level atas dipertahankan sekitar 4,9 meter, sehingga kapasitas tangki cukup besar untuk menampung air.

Juga harus dicatat bahwa Waduk Pluit adalah reservoir pengendali banjir utama untuk mengatasi banjir di DKI Jakarta. Ini mencakup area seluas 80 hektar dan termasuk daerah tangkapan air 2.400 hektar.

Dengan pengerukan ke tingkat air rendah ini, diharapkan bahwa tangki Pluit akan dalam kondisi siap untuk menahan air ketika hujan turun, serta aliran sungai. hulu. Proses pengerukan ini akhirnya menunjukkan endapan lumpur di beberapa bagian Reservoir Pluit.

“Apa yang tampak seperti sedimen adalah sekitar sepertiga dari reservoir, yang lain telah diselesaikan, airnya tebal (dibandingkan dengan sedimen),” tambah Yusmada.

Sebelumnya, musim kemarau telah mengurangi ketinggian air di Waduk Pluit di Penjaringan, Jakarta Utara.

Senin (6/10/2019) siang, ketinggian air di waduk itu jauh di bawah garis demarkasi waduk. Endapan lumpur yang membentuk pulau-pulau kecil di tengah waduk terlihat jelas. Di pulau-pulau kecil, tumpukan sampah muncul.

Tumpukan sampah berbau tidak sedap, terutama ketika angin mulai berhembus.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperhatikan pendangkalan Waduk Pluit. Melalui akun Twitternya @susipudjiastuti, Susi menerbitkan kembali sebuah artikel tentang keadaan Waduk Pluit pada Senin sore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *