Ini sanksi yang didapatkan ASN bila tak hadir 10 Juni

Aparat negara sipil (ASN) yang melonjak setelah liburan Idul Fitri akan dikenakan sanksi disipliner. ASN diharuskan untuk kembali bekerja pada hari Senin, 10 Juni 2019.

Kepala Kantor Urusan Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian Reformasi Administrasi dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Mudzakir mengatakan bahwa selain sanksi disipliner, tunjangan kinerja diterima untuk ASN deluant akan berkurang.

“Sanksi mengenai disiplin menurut PP (Peraturan Pemerintah) No. 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri. Jika mereka tidak secara otomatis dimasukkan, tunjangan dikurangi,” kata Mudzakir saat melakukan kontak dengan detikmania.com Kamis 06/06/2019.

Dalam PP, jenis sanksi disiplin dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu ringan, sedang dan berat.

Bentuk hukuman ringan seperti teguran verbal dan tertulis. Sanksi disiplin kemudian mengambil bentuk penundaan kenaikan gaji, penundaan promosi dan penurunan pangkat, masing-masing selama satu tahun.

Sementara itu, untuk sanksi disipliner berat seperti pembebasan tugas sampai penghentian tidak hormat.

Pemberian sanksi nantinya akan menjadi wewenang Pegawai Pengembangan Personalia (PPK).

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2019 tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil pada 2019.

Liburan bersama EIY 2019 ditetapkan selama tiga hari pada 3, 4 dan 7 Juni 2019. Selain itu, dekrit tersebut juga mengatur liburan Natal 24 Desember 2019.

Cuti bersama yang diberikan tidak mengurangi hak cuti tahunan SNP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *