Jokowi : “Kurban di Idul Adha Dorong kesalehan”

Jokowi : “Kurban di Idul Adha Dorong kesalehan”

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut perayaan Idul Adha menjadi momentum bagi masyarakat untuk berkurban. Kurban mendorong masyarakat untuk melakukan kesalehan sosial.

“Paling penting di Hari Raya Idul Adha adalah dari sisi kurban, pengurbanan. Itu adalah dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial,” ujarnya usai Salat Idul Adha, di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8).

Jokowi sendiri kembali berkurban tahun ini. Mantan wali kota Solo itu menyerahkan hewan kurban di sejumlah daerah.

Hari ini, ia menyerahkan seekor sapi jenis peranakan Ongole seberat sekitar 1 ton ke panitia kurban Kebun Raya Bogor. Hewan kurban tersebut baru akan disembelih pada Selasa (13/8).

Jokowi juga menyerahkan seokor sapi peranakan Ongole seberat 1,08 ton di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur. Hewan kurban itu rencananya disembelih pada Senin (12/8).

Kemudian, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menyerahkan sapi seberat 1 ton di Masjid Istiqlal Jakarta.

Jokowi melanjutkan kesalehan sosial dalam momen Idul Adha ini harus terus didorong. “Agar seluruh umat melakukan itu dengan baik, baik dengan teman, tetangga, saudara, dan rekan sekampung. Saya kira yang berkaitan dengan kesalehan sosial harus kita dorong,” imbuh dia.

Presiden terpilih itu lantas menyinggung pesan dari khotib salat, yang menekankan hubungan antara sesama manusia. Khotib Salat Idul Adha di Kebun Raya Bogor adalah Dosen Sekolah Tinggi An-Nuaimy Jakarta, Ustaz Iqbal Subhan Nugraha.

“Seperti disampaikan oleh khatib bahwa ikatan ketakwaan kita pada Allah SWT wajib, juga ikatan hubungan antarmanusia wajib kita lakukan,” tuturnya.

Selepas salat Idul Adha, Jokowi mengaku tak akan melihat pemotongan hewan kurban. Ia mengatakan memiliki acara sendiri bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Ada (acara) nanti dengan Bu Iriana,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *