Kadin meminta pemerintah genjot pertumbuhan domestik karena ekonomi global melambat

Bank Dunia selanjutnya mengurangi perkiraan pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,6 persen tahun ini. Angka ini telah menurun dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 2,9%.

Wakil Presiden Kamar Dagang dan Industri Hubungan Internasional (Kadin), Shinta Widjaja Kamdani, mengatakan perlambatan ekonomi global telah diantisipasi. Itu sebabnya, menurut dia, kita perlu memperbaiki iklim ekonomi negara.

“Bahkan jika situasi di luar sangat tidak pasti, tentu saja dengan adanya perang dagang dengan apa yang terjadi di luar sekarang, kami terus fokus pada negara kami,” kata Shinta, Rabu 2019/06/05).

Shinta melihat berbagai pencapaian Indonesia, seperti meningkatkan daya saingnya ke posisi ke-32 dalam Buku Tahunan Daya Saing Global 2019 (BJM), yang merupakan tanda positif bagi perekonomian Indonesia.

Meskipun angka ini masih di bawah sejumlah negara ASEAN, Shinta percaya bahwa peningkatan peringkat ini luar biasa.

“Peningkatan daya saing kita ini harus dipertahankan, tidak hanya skor tetapi juga implementasi di lapangan,” tambahnya.

Shinta juga meminta pemerintah memperbaiki berbagai hal untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Pemerintah didesak untuk menderegulasi atau mengurangi regulasi dan melakukan berbagai reformasi dalam ketenagakerjaan, perpajakan dan pembangunan infrastruktur. (Lidya Yuniartha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *