Kepala BNPB: “Pengabdian Kepada Negara yang Diajarkan Sutopo”

Kepala BNPB: “Pengabdian Kepada Negara yang Diajarkan Sutopo”

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mengatakan sosok Sutopo Purwo Nugroho adalah contoh nyata pelayanan kepada negara. Dia berharap pejabat dan masyarakat akan meniru contoh kepala pusat informasi dan hubungan masyarakat BNPB.

“Ini pelajaran bagi kita untuk bisa meniru dan mengikuti kemauan kerasnya untuk melayani negara,” katanya saat rilis jenazah Sutopo di Boyolali, Senin (8/7), dikutip oleh Antara.

Tubuh Sutopo dimakamkan di TPU di Sasonolayu, Boyolali. Prosesi pemakaman Sutopo Purwo Nugroho berlangsung sesuai dengan tradisi layanan resmi BNPB. Dalam prosesi militer, peserta bersama para pejabat Boyolali.

Menurut Doni, dalam keadaan sakit, Sutopo, yang merupakan kepala pusat data, informasi, dan hubungan masyarakat BNPB, masih memberikan informasi kepada publik tentang bencana.

“Dia bisa menyampaikan pesan tentang bencana, mengumpulkan berita dari berbagai daerah dan masyarakat dan menyusunnya menjadi laporan yang mudah dipahami,” katanya.

Selain itu, Sutopo juga dapat memberikan analisis peristiwa, saran dan saran tentang apa yang perlu dilakukan selama keadaan darurat.

“Pak Topo juga memiliki semangat untuk menyatukan berbagai pihak yang terlibat dalam proses bencana,” katanya.

Mengenai kanker paru stadium 4 yang diderita Sutopo sejak 2017, katanya, pengobatan terbaik telah diberikan.

Dia menambahkan bahwa semua dokter terbaik telah mencoba untuk mengobati Sutopo, termasuk keinginan BNPB dan keluarga yang mengirimnya ke salah satu rumah sakit kanker terbaik di Asia, Rumah Sakit Modern Guangzhou di Cina.

Namun, setelah menghabiskan proses perawatan medis di China selama sekitar satu bulan, Sutopo dinyatakan meninggal. Sutopo, dari Kabupaten Boyolali, meninggalkan seorang istri dan dua putra.

Sutopo meninggal hari Minggu, 7 Juli 2019 sekitar pukul 02:00 waktu setempat saat menjalani perawatan untuk kanker paru-paru di Jalan Guangzhou. Rumah Sakit Kanker Stamford Modern, Tiongkok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *