Klaim BPN vs Hitungan TKN Soal ‘Sejuta’ Peserta Kampanye Prabowo

Prabowo Subianto kembali melontarkan klaim sensasional: massa yang hadir di kampanye akbarnya hari ini lebih dari sejuta orang. Kampanye akbar itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dirangkum detikcom, Minggu (7/4/2019), klaim soal sejuta orang yang hadir di GBK itu disebutkan Prabowo setelah dirinya bertanya kepada panitia dari atas panggung. “Panitia, berapa yang sudah dihitung hadir di sekitar Senayan? Berapa?” tanya Prabowo.

“Satu juta lebih!” sambung Prabowo setelah mendapatkan jawaban dari panitia kampanye akbar.

Klaim Prabowo ditepis TKN Jokowi-Ma’ruf Amin. Juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily mengatakan GBK tidak mampu menampung sejuta orang.

“Jangan terlalu berlebihan untuk menghitung jumlah yang hadir. Kapasitas GBK itu tidak sampai 150.000 orang. Jangan ngaku-ngaku hingga satu juta,” ujar Ace.

Ace mengatakan kapasitas GBK setelah renovasi adalah 76.127 kursi. Jika lapangan rumput plus running track diisi manusia, Ace menghitung berarti ada tambahan ruang 105 x 68 meter persegi, atau 7.140 meter persegi.

“Kalau 1 meter persegi bisa untuk 2 orang, berarti kapasitasnya jadi 15 ribu orang, plus running track 10 ribu orang. Artinya kapasitas full: 100.000 – 110.000 orang. Kepotong panggung, taruhlah 106.000. Melihat luar yang relatif kosong, taruhlah ada 10 ribu orang diluar. Total 116 ribu,” jelasnya.

Sumber: detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *