Kumham Menyebut Sel yang Disinggahi Oleh Setnov adalah Sel Khusus

Kumham Menyebut Sel yang Disinggahi Oleh Setnov adalah Sel Khusus

Departemen Hukum serta HAM membantah terpidana permasalahan korupsi proyek KTP elektronik( e- KTP) Setya Novanto

menempati sel aman di Lembaga Pemasyarakatan( LP) Cipinang, Jakarta Timur.

Setnov pernah dipindahkan ke Cipinang buat sedangkan dari LP Sukamiskin tempatnya ditahan sepanjang ini buat berobat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Tadinya, Ombudsman RI menciptakan sel Setnov serta Fredrich lebih aman daripada sel tahanan yang lain yang kelebihan penunggu.

Dikutip dari Antara, Direktorat Pemasyarakatan Kemenkumham berdalih kalau sel yang ditempat Setnov merupakan sel sisa pengacaranya Fredrich Yunadi.

Kepala Bagian Humas serta Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Ade Kusmanto berkata status Setnov cuma transit saat sebelum dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto.

” Itu[kamar] Fredrich Yunadi yang telah lebih dahulu menempuh pidana di Lapas Kelas 1 Cipinang,” ucap Ade, Selasa( 31/ 12) dilansir dari Antara.

Dia berkata kamar Fredrich terletak di blok spesial one man one cell. Kamar di blok tersebut, kata ia, tidak elegan ataupun juga dikhususkan buat Setnov ataupun Fredrich. Ade menyebut kamar itu buat ditempati oleh narapidana sakit yang membutuhkan perawatan kesehatan.

” Semacam mengidap penyakit meluas TBC, hepatitis, serta jantung,” saya ia.

Kamar tersebut, lanjutnya, pula diperuntukkan untuk narapidana bermasalah yang wajib dipisahkan dari narapidana yang lain lantaran mengusik keamanan serta kedisiplinan.

Cocok ketentuan, kata Ade, narapidana bisa dipindahkan sedangkan ke lapas lain buat menempuh berobat terencana serta rawat inap. Syaratnya, letak rumah sakit yang dirujuk terletak di luar provinsi tempat narapidana menempuh pidana.

Dikenal, Setnov menempuh pidana di Lapas 1 Sukamiskin, Bandung. Buat kepentingan penyembuhan jantungnya, mantan Pimpinan Universal Partai Golkar itu dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Setnov setelah itu diberangkatkan dari Bandung Kamis( 26/ 12) jam 05. 00 Wib, serta datang di Lapas Kelas 1 Cipinang jam 08. 00 Wib.

Ade menyebut Setnov datang di RSPAD Gatot Soebroto pada jam 10. 00 Wib.” Kemudian dirawat di ruang Paviliun Kartika,” imbuhnya.

Tadinya, Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu bersama regu melaksanakan inspeksi tiba- tiba( sidak) ke Lapas Cipinang serta menciptakan terdapat ruang tahanan spesial buat Setya Novanto.

” Hasil sidak kami terdapat yang menarik ialah menciptakan blok buat Setya Novanto serta buat pengacara Novanto,” kata ia, di Lapas Cipinang, Jakarta, Minggu( 29/ 12) dilansir dari Antara.

Ninik menarangkan blok tersebut terdaftar atas nama Setya Novanto. Tetapi, yang bersangkutan lagi berobat ke RSPAD.

Ia menggambarkan kalau ruangan spesial Novanto tersebut diperuntukkan cuma buat satu orang serta dilengkapi wc duduk walaupun tanpa tv.

” Sesungguhnya[fasilitasnya] cuma tempat tidur, rack lemari, serta tempat tisu. Tadi kebetulan yang terbuka kamarnya Wawan yang dahulu di Lapas Sukamiskin, saat ini di mari,” ucapnya.

Ia berkata dalam sidak tersebut dirinya menciptakan ruang tahanan dipecah 2, ialah blok buat tahanan yang memerlukan atensi spesial serta pembinaan spesial.

[Gambas: Video CNN]

Ninik pula menanyakan kualifikasi seseorang tahanan ditempatkan di blok spesial tersebut, tercantum Setya Novanto. Di dikala yang sama, napi di blok yang lain berjubel dalam satu sel. Grupnya mau membenarkan tidak terdapat diskriminasi untuk para tahanan di Lapas Cipinang.

” Nanti kami memohon uraian mengapa seketika terdapat dalam satu blok yang mempunyai sarana yang jauh lebih baik dari pada blok lain. Sebab kami menciptakan dalam satu ruangan, 5 orang napi tidur bergelantungan tetapi di blok isolasi, ruangannya aman sekali,” katanya.

Sepanjang jadi narapidana, Setya Novanto bukan sekali ini saja merangsang polemik.

Setnov pula pernah melanggar izin berobat ke Rumah Sakit Santosa, Bandung, yang diberikan pihak Lapas Sukamiskin serta tertangkap basah pelesiran di kawasan Padalarang, Bandung Barat, Jumat( 14/ 6) malam. Sehabis permasalahan itu terungkap, dia dipindah ke Rumah Tahanan( Rutan) Gunung Sindur, Bogor, pada Juni. Sehabis dikira tobat, dia dipulangkan ke Sukamiskin.

Tetapi, polemik kembali terjalin. Pada Minggu( 22/ 12), Komisioner Ombudsman RI Adrianus Meliala menciptakan kalau sel Setnov di Lapas Sukamiskin lebih luas dari sel yang lain, mempunyai kitchen set, tempat tidur individu, pintu sel dikunci dengan kunci gembok sensor sidik jari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *