Mahfud MD Pinta Warga Tidak Remehkan Pimpinan Baru

Mahfud MD Pinta Warga Tidak Remehkan Pimpinan Baru

Mantan Pimpinan Mahkamah Konstitusi( MK) Mahfud MD memohon supaya warga jangan terburu- buru menyangka remeh 5 pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi( KPK) periode 2019- 2023. Baginya, baik tidaknya kinerja mereka pula tergantung dari sokongan warga.

Kelima calon anggota KPK itu antara lain, Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nawawi Pamolango, Nurul Ghufron, serta Lili Pintauli Siregar.

Mahfud berkata seluruh tergantung pada area dekat yang mendukungnya. Apabila warga mendesak para pimipinan KPK bekerja dengan baik, hingga tidak menutup mungkin mereka pula hendak berupaya optimal serta berikan hasil kerja yang baik pula.

Mahfud mencontohkan respons warga sehabis Komisi Hukum DPR RI menetapkan pimpinan KPK periode 2015- 2019 pada 17 Desember 2015 kemudian. Mahfud menyebut kala itu, terpilihnya Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang, serta Laode Muhammad Syarif, pula tidak langsung disambut dengan respons yang baik dari warga.

” Jadi begini, kerabat jangan under estimate dahulu, KPK yang saat ini ini yang dipandu oleh Agus, Saut, Basaria, Alex, serta Laode, dahulu kerabat masih ingat kala diseleksi, orang bilang seluruh kurang baik. KPK hendak sirna di dasar orang- orang ini. Nyatanya bagus, bagus kan kerjanya? Sekurang- kurangnya tidak mengecewakan,” kata Mahfud dalam jumpa pers di Kuliner Jogja Tambir, Yogyakarta, Minggu( 15/ 9).

Begitu pula dengan kelima calon yang sudah diresmikan oleh Komisi III DPR lewat mekanisme voting pada Jumat( 13/ 9) dini hari. Bagi ia, walaupun tidak memahami satu per satu, Mahfud percaya kelima calon yang lolos pada sesi akhir anggota KPK itu terpilih sebab memanglah mempunyai kinerja yang bagus.

Mahfud menyebut sebagian nama yang dia tahu mempunyai rekam kerja yang bagus serta dapat diharapkan jadi pimpinan KPK, semacam Nurul Ghufron serta Lili Pintauli Siregar. Sedangkan itu, kala ditanya komentar soal Pimpinan KPK selanjutnya, Mahfud cuma menuturkan Firli Bahuri merupakan individu yang baik serta sopan sebab dia mengaku tidak begitu mengenalnya.

” Kesan aku( Firli Bahuri) baik, aku tidak ketahui banyak tetapi bagi aku metode bergaulnya pula lumayan, lumayan sopan, lumayan Indonesiawi, tetapi kasus- kasus lain aku tidak ketahui sebab aku tidak menjajaki,” pungkasnya.

Walaupun sudah diseleksi DPR, kelima pimpinan KPK periode 2019- 2023 itu tidak hendak langsung bekerja. Mereka baru dapat mengetuai KPK pada Desember 2019 mendatang.

Nama- nama calon anggota KPK terpilih bakal di informasikan kepada Presiden Joko Widodo terlebih dahulu, sangat lelet 7 hari kerja semenjak hari pemilihan. Jokowi lalu bakal mengesahkan nama- nama calon itu sangat lelet 30 hari kerja semenjak penerimaan pesan pimpinan DPR.

Kelima calon baru hendak bekerja usai dilantik Jokowi pada 21 Desember mendatang. Perihal Merujuk pelantikan pimpinan KPK periode 2015- 2019 yang dikala itu pula dicoba pada 21 Desember 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *