Memeriksa Bagian Mobil Sesudah “Lelah” Digunakan Mudik

Perjalanan pulang-pergi ke kampung halaman saya dan kemudian kembali ke rumah melelahkan untuk mobil. Untuk alasan ini, perlu pergi ke bengkel untuk memeriksa bagian-bagian mobil setelah lelah digunakan untuk pulang.

Periksa beberapa bagian penting mobil segera untuk memastikan tidak ada masalah yang signifikan. Tetapi sebelumnya, bersihkan mobil dari luar, dalam, bagasi ke ruang mesin sehingga keadaan “segar” kembali dan memudahkan pemeriksaan.

Dealer Toyota resmi, Auto2000, menyarankan bagian-bagian mobil yang perlu diperhatikan. Komponen-komponen berikut harus diperiksa setelah kembali ke rumah untuk menempuh ratusan atau bahkan ribuan kilometer.

1. Ban

Seperti alas kaki, pekerjaan ban sangat berat. Mulai dengan menopang bodi mobil, menyetir dan menyesuaikan kecepatannya, untuk mengurangi getaran dari kondisi jalan. Hampir dapat dipastikan bahwa mobil menerima sejumlah besar orang dan barang.

Periksa tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa juga kondisi fisik ban, dari tapak ban sampai ke dinding samping ban. Ukur ketebalan ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban. Perhatikan juga kondisi pelek dan jangan lupa mengecek kondisi ban serep.

2. oli mesin

Karena oli seperti darah untuk mesin mobil, segera periksa kuantitas oli mesin dengan dipstick. Tambahkan segera jika kurang dan catat apakah kondisi fisik minyak tidak sepopuler cokelat, keruh atau tebal. Jika volume oli mesin turun secara signifikan dan terjadi perubahan fisik, segera bawa kendaraan ke bengkel tepercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. kaki mobil

Pada level kaki, ada empat komponen penting pada saat bersamaan, yaitu sistem kemudi, suspensi, rem dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan dan tunduk pada tekanan karena gaya mengemudi dan kondisi jalan.

Yang paling sulit untuk mobil penggerak roda depan karena semua komponen terpusat di bagian depan. Periksa kebocoran pada pelumas, apakah karetnya rapuh atau sobek. Batalkan dan seimbangkan untuk meletakkannya kembali di tempat setelah roda “dipaksa” untuk menabrak jalan dengan lubang, batu lepas.

4. cairan pada mobil

Perjalanan yang berat pasti akan menyiksa mobil, dan bagian-bagian yang terkena biasanya ditandai dengan penguapan. Periksa air radiator, baterai, oli rem, kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, dan pembersih kaca depan.

Tambahkan sesuai dosis dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan abaikan jika ada yang mencurigakan. (Micro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *