Mensortir Asuransi Pendidikan untuk Jamin Masa Depan Anak

Nelson Mandela pernah berkata bahwa “pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat digunakan untuk mengubah dunia”. Kedua manfaat pendidikan mendorong orang tua untuk menghabiskan banyak uang untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka.

Namun, rencana untuk mengirim mahasiswa sarjana dapat dipatahkan jika kesulitan keuangan muncul. Misalnya saja karena pencari nafkah meninggal atau mengalami kecelakaan yang mengubah situasi keuangan keluarga. Bahkan, biaya pendidikan menjadi semakin mahal tahun demi tahun karena inflasi.

Berkaca pada kondisi ini, Eni, seorang pegawai negeri sipil berusia 45 tahun, mengatakan bahwa dia telah menyiapkan asuransi pendidikan untuk ketiga anaknya sejak pernikahan suami dan suaminya beberapa dekade yang lalu. Dia mengaku terinspirasi oleh orang tua Jepang yang telah merencanakan pendidikan anak-anak dengan cermat, sementara mereka telah melayani dan tinggal di negara itu selama beberapa bulan.

“Mereka sangat khawatir tentang keluarga dan anak-anak mereka, orang Jepang berpikir untuk hidup dengan baik, saya terinspirasi, saya mengambil asuransi, saya mengambil periode sekitar 15 hingga 20 tahun,” kata Eni kepada CNNIndonesia.com, Selasa. (11/6). )

Eni dan suaminya bersedia menyisihkan gajinya untuk membayar premi asuransi pendidikan untuk anak-anak mereka. Agar tidak terlalu berat, ia memilih untuk membayar premi dengan pengurangan otomatis atas penghematan yang dilakukan setiap tahun.

“Jadi menggunakan tabungan bukan bulanan, kalau bulanan, benar-benar seperti itu, kalau setahun, akan banyak, tapi setahun sekali,” kata Eni.

Asuransi ini dimaksudkan untuk menutupi biaya sekolah dari ketiga anak tersebut. Setiap anak memiliki polis asuransi.

Sementara untuk membiayai anak-anak mereka dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah, ia memutuskan untuk menggunakan tabungannya. Eni merasa itu tidak pernah terlampaui oleh jadwal pembayaran. Sejauh ini, tabungan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

“Anak saya di sekolah umum, tidak mahal, negara juga tidak membayar, jadi sejumlah uang dibayarkan untuk beberapa hal, ya, mungkin kegiatan ekstrakurikuler,” katanya.

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan penting bagi orang tua untuk menerima asuransi pendidikan untuk anak-anak mereka. Ini dilakukan agar dana pendidikan anak-anak terjamin.

Di Indonesia, sejumlah perusahaan asuransi telah menerbitkan produk asuransi pendidikan. Misalnya, Manulife dengan lulusan Perlindungan Pendidikan dan Manulife, Prudential dengan PRULink Edu Protection, Mandiri dengan Mandiri Sejahtera Cerdas dan Sequis dengan Beasiswa Telepro Berjangka.

Memilah Asuransi Pendidikan untuk Jamin Masa Depan Anak

Setiap produk asuransi pendidikan memiliki persyaratan untuk anggota dan rencana yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tertanggung. Untuk alasan ini, pemegang polis masa depan harus memberikan perhatian khusus pada ketentuan mereka, seperti batas usia orang tua dan anak-anak, periode pertanggungan, periode pembayaran premi, sebelum memilih suatu produk. , jumlah pertanggungan dan waktu pembayaran biaya asuransi.

“Yang perlu dipertimbangkan, masa asuransi harus disesuaikan ketika dana dibutuhkan untuk masuk sekolah, baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah atau universitas.” untuk memenuhi kebutuhan, “kata Irvan kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

Selain itu, Irvan juga menyarankan kepada orang tua untuk memilih asuransi tabungan daripada perlindungan. Alasannya adalah bahwa asuransi tabungan adalah penggunaan ganda, yaitu jika pemegang polis meninggal dunia di tengah periode atau akhir polis, seluruh biaya pertanggungan awalnya pendidikan yang disepakati akan sepenuhnya diganti.

“Sementara itu, asuransi perlindungan hanya menggantikan (biaya) jika terjadi bencana, dan jika insiden tidak terjadi, itu tidak akan diganti,” jelasnya.

Dia menyarankan orang tua, sebagai penjamin emisi, untuk mengambil asuransi pendidikan sejak usia sangat muda, sehingga premi yang ditanggung lebih murah mengingat periode tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *