Pelajar Papua di Medan Melakukan Aksi Demo

Pelajar Papua di Medan Melakukan Aksi Demo

Puluhan mahasiswa asal Papua kembali melaksanakan aksi unjuk rasa di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Sabtu( 31/ 8). Aksi ini bertujuan buat memprotes pengerahan personel TNI- Polri serta pemblokiran internet di Bumi Cendrawasih.

Mereka melaksanakan longmarch dengan berjalan kaki dari asrama Papua di depan kampus Universitas Sumatera Utara( USU) mengarah Lapangan Merdeka. Para mahasiswa bawa beberapa atribut Bintang Kejora dan mencoret wajah serta tubuh mereka dengan foto Bintang Kejora. Sebagian partisipan di antara lain menggunakan koteka, baju tradisional asal Papua.

Dalam tuntutannya, massa memohon Pemerintah RI membuka kembali akses internet di Papua. Karena mereka memperhitungkan pemblokiran maksudnya negeri tidak sanggup menuntaskan perkara Papua.

” Lekas cabut pemblokiran internet di Papua. Ini ialah pelanggaran HAM. Kami senantiasa ditindas. Kami senantiasa didiskriminasi,” kata koordinator aksi Damiel Wandik.

Apalagi, massa pula memprotes pengerahan aparat Tentara Nasional Indonesia(TNI) serta Polri ke Provinsi Papua serta Papua Barat dalam sebagian hari terakhir.

” Kami dengar, polisi di mari pula dikirim ke situ. Ini kami anggap bagaikan aksi buat mengekang kebebasan masyarakat Papua,” tegas massa.

Mereka memohon supaya pemerintah menarik segala personel Tentara Nasional Indonesia(TNI) serta Polri dari Tanah Papua. Massa mengecam bila militer masih senantiasa terdapat di Papua, hingga mereka hendak terus menggelar aksi.

” Hendak terdapat gelombang unjuk rasa yang kian besar bila militer tidak ditarik dari situ. Kami tegaskan aksi tidak cuma di Papua, namun pula di sebagian wilayah di Indonesia,” tegasnya.

Semacam dikenal, Polri mengerahkan beberapa personel buat pengamanan di Provinsi Papua serta Papua Barat bagaikan buntut terbentuknya aksi rusuh di daerah itu.

Apalagi Polda Sumut pula memberangkatkan 500 personel ke daerah itu pada Jumat( 30/ 8/ 2019). Mereka hendak bertugas di situ sampai suasana keamanan di Provinsi Papua serta Papua Barat kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *