Protes yang penuh sesak dikutip oleh tim Prabowo dalam litigasi pemilihan presiden

Sejumlah pihak yang pernyataannya dikutip oleh tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam aplikasi protes untuk Pemilihan Presiden PHPU 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) memprotes.

Mereka memahami Partai Demokrat; Profesor Hukum di University of Melbourne, Australia, Tim Lindsey; Kandidat doktoral Universitas Nasional Australia Tom Power; dan Yusril Ihza Mahendra, ketua tim hukum Jokowi-Ma’ruf.

Mereka memprotes bahwa proses hukum tim Prabowo-Sandi, mengutip pernyataan-pernyataan ini, tidak sesuai dengan konteks atau tujuan dari pernyataan tersebut.

Demokrat, misalnya. Ferdinand Hutahaean, presiden Partai Demokrat dan perwakilan dari partai hukum, mengatakan bahwa penggunaan pernyataan oleh presiden dari Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengklaim bahwa Badan Intelijen Nasional (BIN), Kepolisian Nasional dan TNI tidak netral tidak dalam konteksnya. Sebab, pernyataan itu dibuat oleh SBY pada 2018.

Pernyataan yang dikutip oleh tim hukum Prabowo-Sandi berbunyi sebagai berikut: “… kisah unsur-unsur yang tidak netral, BIN, Kepolisian Nasional dan TNI, ada di sana, itu adalah ini insiden, bukan tipuan – BIN, Polri dan TNI netral karena ada pangkalan, ada insiden, “kata SBY, yang dikutip oleh anggota Tim hukum Prabowo-Sandi, Denny Indrayana.

Denny tidak membantah bahwa pernyataan SBY disahkan bukan dalam konteks pemilihan presiden, tetapi dalam pemilihan daerah serentak. Namun dia yakin pernyataan itu merupakan peringatan sekaligus indikasi awal bahwa ketidakberpihakan yang serupa sangat mungkin terjadi dalam pemilihan presiden 2019.

“Pernyataan SBY mengenai Pilkada serentak tahun 2018, menjelang pemilihan presiden 2019, tidak berarti bahwa dalam pemilihan presiden 2019, BIN harus netral, karena faktanya tidak tidak, “katanya.

Menurut Ferdinand, SBY mengatakan itu sebagai bagian dari pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

“Gugatan ini membutuhkan bukti pemilihan presiden, jadi jika Anda menggunakan pernyataan selama pemilihan, itu pasti tidak terkait,” kata Ferdinand, Jumat (14/6).

Tim Lindsey juga mengatakan keberatannya dikutip dalam dokumen penawaran pemilihan presiden 2019.

Keberatan Lindsey dipublikasikan di media Australia, The Weekend Australian. Lindsey mengatakan artikel yang dikutip oleh tim hukum Prabowo tidak ada hubungannya dengan pemilihan presiden 2019, seperti yang telah ditulis 18 bulan sebelum pemilihan.

Lindsey lebih fokus pada artikel berjudul Jokowi dalam “Orde Neo-Indonesia Baru” di Indonesia, sehubungan dengan kebangkitan politik konservatif di Indonesia.

“[Konservatisme politik] ini menimbulkan pertanyaan yang kemudian ditanyakan kepada para aktivis di Indonesia, apakah unsur-unsur dari era perilaku politik Soeharto telah muncul kembali hari ini di Indonesia,” kata Lindsey, mengklaim bahwa artikelnya belum pernah menyimpulkan pemerintahan otoriter Jokowi.

“Tim hukum Prabowo termasuk kutipan dari artikel dalam aplikasi yang jelas di luar konteks, dan fokus dimasukkan ke dalam artikel asli dan tidak mendukung argumen yang mereka katakan,” kata Lindsey. “Dalam artikel ini, saya hanya berbicara tentang masalah politik”.

Menanggapi protes Tim Lindsey, Prabowo-Sandi Priyo Budi Santoso, wakil presiden National Winning Body (BPN), mengatakan dia sengaja tidak meminta izin dengan mengutip pendapat hukum dari profesor hukum dari Universitas Melbourne Australia.

Ramai-ramai Protes Dikutip Tim Prabowo dalam Sengketa Pilpres

Priyo mengatakan bahwa pendapat Tim Lindsey tidak terlalu penting dalam gugatan atas pemilihan presiden 2019, diajukan di MK.

“Ini bukan satu-satunya yang kami bawa ke meja, karena itu tidak terlalu penting dari pengamat hukum Australia, hanya rempah-rempah kecil yang tidak penting,” kata Priyo pada pertemuan. diskusi kontroversial di Konsulat di Jakarta.

Priyo juga meragukan sikap Tim Lindsey yang membantah pernah mengatakan bahwa Jokowi adalah otoriter. Dia mengatakan dia mengutip pendapat Lindsey.

Sekretaris jenderal kelompok kerja itu juga mengatakan kutipan Tim Lindsey tersebar luas. Jadi itu Pra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *