Rupiah Kembali Menguat Lagi ke Rp14.110 Per Dolar

Rupiah Kembali Menguat Lagi ke Rp14.110 Per Dolar

Nilai tukar rupiah berada di posisi 14.110 rupiah terhadap dolar AS di pasar spot Selasa (9/7). Dengan demikian, rupiah melemah 0,02% dibandingkan dengan penutupan Senin (8/7), yang merupakan 14.108 rupiah terhadap dolar.

Pagi ini, sebagian besar mata uang utama Asia melemah terhadap dolar AS. Baht Thailand melemah 0,01%, dolar Singapura 0,02%, dan dolar Hong Kong 0,03%. Kemudian ringgit Malaysia melemah 0,05% dan yen Jepang 0,15%.

Di Asia, hanya won Korea Selatan yang naik 0,19% terhadap dolar AS. Pada saat yang sama, pergerakan di negara-negara maju cenderung bervariasi terhadap dolar AS, dengan penguatan euro sebesar 0,01% sementara dolar Australia dan pound Inggris melemah sebesar 0,03 % dan 0,04% masing-masing.

Manajer Umum PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan melemahnya rupiah terkait dengan ekspektasi pasar yang lebih ketat tentang suku bunga Fed yang lebih rendah setelah membaiknya data ketenagakerjaan AS. . Pada bulan Juni, Departemen Tenaga Kerja AS mendaftarkan 224.000 orang, peningkatan yang signifikan selama Mei (72.000).

Akibatnya, pelaku pasar juga membuat Gubernur Fed AS Jerome Powell ditahan di Kongres AS pada hari Rabu dan Kamis pekan ini. Meskipun pada kenyataannya, kemungkinan bagi Fed untuk memiliki kecenderungan untuk tenang adalah terbuka lebar dalam laporan.

“Di satu sisi, The Fed menganggap bahwa ekonomi AS kuat, sebagaimana dibuktikan oleh data tentang ketenagakerjaan. Di sisi lain, perlambatan ekonomi dapat memiliki efek negatif, termasuk dengan meningkatkan beban utang referensi bunga, “Ibrahim menjelaskan pada Selasa 9/7.

Kemudian, sentimen negatif dari sektor domestik juga muncul setelah Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua akan lebih lambat dari tahun lalu. Dia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal kedua akan bergerak pada tingkat 5,07% menjadi 5,1%, identik dengan kuartal sebelumnya.

“Data eksternal dan internal ini akan membawa rupiah antara 14.165 dan 14.200 rupiah terhadap dolar,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *