Sentimen Naegosiasi Dagang AS-China Melemahkan Rupiah

Sentimen Naegosiasi Dagang AS-China Melemahkan Rupiah

Nilai ubah rupiah tercatat di posisi Rp14. 282 per dolar Amerika Serikat( AS) pada perdagangan pasar spot Rabu( 9/ 10) pagi. Posisi ini melemah 0, 14 persen dibandingkan kurs pada Selasa( 8/ 10) sore yang senilai Rp14. 162 per dolar AS.

Pagi hari ini, sebagian mata duit utama Asia melemah terhadap dolar AS. Won Korea melemah 0, 50 persen, ringgit Malaysia melemah 0, 12 persen, rupee India melemah 0, 19 persen, dan peso Filipina melemah 0, 23 persen terhadap dolar AS.

Di kawasan Asia, yen Jepang tidak bergerak serta terletak di posisi stagnan terhadap dolar AS, dolar Singapore menguat 0, 03 persen, baht Thailand menguat 0, 08 persen.

Tidak hanya itu mata duit negeri maju terpantau bermacam- macam, semacam poundsterling Inggris melemah 0, 02 persen terhadap dolar AS, sedangkan euro menguat 0, 03 persen serta dolar Australia menguat 0, 13 persen terhadap dolar AS.

Kepala Studi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra berkata perundingan dagang antara AS serta Cina masih jadi katalis pasar.

Ariston menyebut pelakon pasar masih takut serta mengestimasi perang dagang antara AS serta Cina.

” Pasar masih mengkhawatirkan perundingan tidak mengahasilkan kata setuju yang di idamkan kedua belah pihak,” kata Ariston dikala dihubungi CNNIndonesia. com, Rabu( 9/ 10).

Perundingan pula diramal hendak terus menjadi alot sebab friksi kedua kubu akibat Pemerintah AS yang memperluas catatan gelap industri Cina, sehingga tidak dapat berbisnis dengan industri AS pada Selasa( 8/ 9) kemarin.

” Kebijakan ini tingkatkan friksi AS- Tiongkok menjelang perundingan,” Ucapnya.

Rencananya, pertemuan Wakil Perdana Menteri Cina Liu He dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin di Washington telah dijadwalkan pada Kamis( 10/ 10) serta Jumat( 11/ 10).

Perundingan tersebut diramal terus menjadi tidak menentu sebab AS menginginkan konvensi yang komprehensif meliputi proteksi hak kekayaan intelektual industri AS. Di sisi lain, pihak Cina cuma ingin konvensi parsial yang berkaitan dengan pembelian produk pertanian AS serta pengurangan tarif impor benda dari Cina.

Tetapi, lanjut Ariston, pelemahan terbatas berpotensi terjalin sampai hasil perundingan disepakati.

Ariston berkomentar rupiah hendak berpotensi bergerak di zona 14. 190 per dolar AS, dengan support di 14. 100 per dolar AS pada hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *