Upaya Menghalau Corona, Desakan PSI Kepada Jokowi Memberikan BLT Seperti Era SBY

Kasus PositifMeninggal DuniaSembuh
Indonesia5794930
Seluruh Dunia341,52614,74899,040
Data per 23 Maret 2020 pukul 15.45 WIB. Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, WHO.

Upaya Menghalau Corona, Desakan PSI Kepada Jokowi Memberikan BLT Seperti Era SBY

Partai Solidaritas Indonesia( PSI) memohon Presiden Joko Widodo( Jokowi) memberikan dorongan langsung tunai( BLT) buat menekan akibat ekonomi penyebaran virus corona( Covid- 19) yang dialami warga.

BLT, program yang sempat dipakai di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono( SBY) ini dinilai wajib diberikan lantaran terdapat imbauan supaya pekerja bekerja di rumah,

Pimpinan Universal PSI Grace Natalie berkata imbauan ini berakibat pada ekonomi. Baginya akibat sangat terasa dialami oleh pekerja zona informal yang mempunyai pemasukan setiap hari.

” PSI menganjurkan kepada pemerintah buat membagikan dorongan langsung tunai ataupun BLT kepada warga yang terdampak. Bersumber pada perhitungan kami, ini merupakan langkah yang sangat kilat menolong warga melewati masa- masa susah semacam dikala ini,” kata Grace melalui video di account [email protected], Selasa( 17/ 3).

Grace mengakui imbauan melindungi jarak( social distancing) sangat berarti buat menghindari penularan corona. Tetapi dia menegaskan pemerintah pula wajib memerhatikan jutaan pekerja setiap hari yang terdampak.

Grace berkata Jokowi dapat memakai anggaran ekspedisi dinas pemerintah. Karena aktivitas dinas ke luar negara ataupun antardaerah sudah dihentikan sedangkan waktu.

Bersumber pada catatan yang dikumpulkan CNNIndonesia. com, anggaran ekspedisi dinas dalam APBN 2020 menggapai Rp43 triliun.

” Langkah Pak Jokowi menghentikan kunjungan kerja serta ekspedisi dinas pemerintah telah sangat pas. Dana tersebut dapat dialihkan buat program BLT,” kata Grace.

Tidak hanya buat BLT, Grace meningkatkan, duit itu dapat digunakan buat membeli perlengkapan uji virus corona dalam jumlah besar. Sehingga ini dapat jadi langkah dini Indonesia menuntaskan pandemi corona.

” Ini berarti supaya kita memiliki informasi yang akurat seberapa luas sesungguhnya penyebaran virus corona di Indonesia serta gimana mengatasinya,” tuturnya.

Indonesia sudah melaporkan terdapat 172 permasalahan penularan virus corona( Covid- 19) hingga Selasa( 17/ 3). Sebanyak 7 orang di antara lain wafat dunia serta 9 orang yang lain dinyatakan sembuh.

Presiden Joko Widodo berkata dia belum memikirkan opsi karantina daerah( lockdown) buat menghindari penyebaran corona.

Jokowi mengedepankan kebijakan melindungi jarak( social distancing). Salah satu metode yang diimbau Jokowi merupakan warga dimohon melaksanakan seluruh kegiatan dari rumah.

BLT awal kali dipakai oleh Brasil serta diadopsi oleh beberapa negeri tercantum Indonesia. BLT di Indonesia digelontorkan di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005. BLT diberikan buat melindungi energi beli warga sebab peningkatan harga bahan bakar minyak( BBM).

BLT pula kembali digelontorkan pada 2009 serta 2013. BLT diberikan supaya warga miskin dapat senantiasa penuhi kebutuhan hariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *